3 Alat Unit Diagnostik Medis Di Rumah Sakit

Mungkin diantara anda sudah banyak yang berkunjung ke rumah sakit, sudah pasti anda akan melihat banyak alat – alat medis yang berada di sana. Namun belum tentu anda mengetahui beberapa alat medis yang berfungsi untuk diagnostic. Namun sebelumnya, apakah anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan alat diagnostic tersebut ?

Baiklah, pada kesempatan ini sengaja penulis ingin berbagi informasi mengenai definisi atau pengertian alat medis diagnostic dan juga contoh alat unit yang ada di rumah sakit. Alat diagnostic adalah, alat – alat medis yang memiliki fungsi spesifik yaitu sebagai alat cek atau diagnosa. Alat ini berguna untuk menguji sample yang nantinya diperoleh data yang digunakan untuk mendukung atau menentukan proses diagnosa penyakit pasien.

Untuk lebih jelasnya, cobalah lihat bebrapa contoh alat diagnostic berikut ini :

1. Hematology Analyzer

Mendengar kata hematology, mungkin pikiran kita bisa langsung konek dengan analisa darah. Memang benar demikian, alat hematology analyzer ini berfungsi untuk menganalisa sel – sel darah manusia. Untuk apa dilakukan pemeriksaan sel darah ? Sel darah diperiksa biasanya terkait dengan adanya virus atau bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Dan itu bisa mengurangi sel – sel tertentu dalam darah. Analisa seperti ini diperlukan untuk menguatkan adanya dugaan pasien terkena virus tertentu. Harga alat Hematology Analyzer memang tergolong cukup mahal, bahkan hingga mencapai ratusan juta per unitnya.

2. Chemistry Analyzer

Di dalam darah manusia terdapat banyak unsur – unsur kimia yang berasal dari hasil metabolism tubuh kita. Apa yang kita makan sehari – hari dan kontaminasi lingkungan sekitar bisa mempengaruhi kadar unsur kimia yang ada dalam darah. Contoh saja, kolesterol misalnya. Bila terlalu banyak berada dalam tubuh kita, tentu saja akan berdampak buruk. Bagaimana cara mengetahui kadar unsur kimia yang berlebih dalam tubuh kita ? Itulah fungsi dari alat chemistry analyzer ini.

3. Urine Analzyer

Apabila anda sudah membaca dua jenis alat diatas, untuk alat yang satu ini anda pasti juga sudah mengetahuinya. Urine Analyzer merupakan satu alat medis yang berfungsi menganalisa zat – zat yang terkandung di dalam sisa metabolisme manusia yang berupa urine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *