Komputer Kita Memiliki Dua Komponen Penting, Yuk Cari Tahu Di Sini

Komputer yang kita gunakan sehari – hari, ternyata memiliki komponen yang cukup kompoleks. Ada dua komponen besar di sini yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Apa itu perangkat keras dan apa pula itu perangkat lunak ? Yuk kita simak pembahasan singkatnya di artikel ringan berikut ini.

Dua macam perangkat komputer ini harus ada di dalam komputer kita agar komputer bisa kita gunakan sebagaimana mestinya. Dua komponen atau bagian  bagian komputer ini terdiri dari bermacam – macam jenisnya lagi. Okie, langsung saja kita menuju yang pertama.

1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)

komponen dasar komputer

Apa itu perangkat keras komputer ? Merupakan komponen atau bagian komputer yang berbentuk fisik dan bisa kita sentuh dengan tangan kita. Kalau kita lihat pada komputer PC ada tiga yang bisa kita amati dari luar yaitu monitor, CPU dan mouse/keyboard.

Sebenarnya masih ada lagi komponen lainnya yaitu perangkat keras komputer yang ada di dalam CPU. CPU merupakan mesinnya komputer. Disitu ada rangkaian dan komponen elektronik dari komputer sepreti motherboard, proccessor, RAM, Hard Disk dan lain sebagainya.

Semua komponen ini berwujud fisik dan bisa kita sentuh dengan menggunakan tangan. Perangkat keras komputer juga disebut dengan istilah hardware.

2. Perangkat Lunak Komputer (Software)

Berbeda dari perangkat keras, perangkat lunak komputer tidak bisa kita sentuh secara fisik. Namun bisa kita lihat dan kita gunakan. Perangkat lunak komputer merupakan bagian komputer yang berada di dalam komputer dengan wujud digital.

Atau untuk memudahkan kita memahaminya, perangkat lunak komputer adalah program – program yang ada di dalam komputer baik itu berfungsi sebagai system, atau juga berfungsi sebagai aplikasi pendukung. Ada banyak macam dan jenis perangkat lunak komputer yang kita gunakan dalam komputer.

Ada perangkat perkantoran, ada juga perangkat lunak pengolah gambar, audio & vidio dan banyak lagi program atau perangkat lunak lainnya. Perangkat lunak komputer juga disebut dengan software.

Kedua komponen komputer ini harus ada di dalam sebuah komputer agar bisa berfugnsi sebagaimana mestinya. Perangkat keras komputer bekerja bersama dengan perangkat lunak untuk membuat satu sistem yang dinamis sebagaimana anda bisa lihat pada komputer anda dirumah.

Nah, itulah bahasan singkat yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga, yang singkat ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Selamat istrirahat & beraktifitas. Sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *