Manfaat dan Efek Negatif Minum Teh Kepada Kesehatan

Manfaat dan Efek Negatif Minum Teh Kepada Kesehatan

Minum teh, disamping menyenangkan dan mengurangi rasa haus ternyata juga berguna untuk kesehatan tubuh. Berikut ini yakni sebagian hasil penelitian yang menujukkan bahwa minum teh benar-benar bermanfaat bagi keshatan, dengan catatan, jumlah konsumsi teh tidak berlebihan.

Female First, menulis bahwa sebuah studi baru di Inggris menunjukkan bahwa minum teh secara teratur dapat menolong menurunkan risiko terkena kanker payudara. Untuk menganalisis kekerabatan antara konsumsi teh dan penurunan risiko kanker payudara, peneliti melaksanakan 39 studi seputar manfaat konsumsi teh pada 13.204 pasien kanker payudara.

Dari hasil studi tersebur, sifat antioksidan dalam teh bisa membantu mengurangi resiko kanker payudara. Mengonsumsi teh secara rutin menyebabkan penurunan risiko kanker payudara sebanyak 21%.

Manfaat dan Efek Negatif Minum Teh untuk KesehatanMenurut ahli kesehatan wanita, Dr Catherine Hood dari “The Tea Advisory Panel (TAP)” terhadap Female First, UK, penemuan ini terkait dengan kadar polifenol yang ada dalam teh. Seperti kita ketahui, teh kaya akan polifenol, termasuk katekin dan gallocatchins, yang sudah dikenal bisa berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki efek anti-tumor”. “Alhasil, penelitian ini memberikan data lebih lanjut perihal manfaat kesehatan dari teh, yang ialah minuman yang paling populer, setelah air, di Inggris.”

Penelitian terupdate yang dilakukan oleh Dr Tim Bond dari The Tea Advisory Panel (TAP) menonjolkan bahwa mengonsumsi teh hitam menurunkan risiko kardiovaskular. Zat flavonoid dalam teh membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dalam penelitian ini, 20 orang yang sehat mengonsumsi teh tiga kali sehari selama satu pekan. Fungsi pembuluh darah meningkat setelah orang-orang tersebut mengonsumsi teh yang tak diseduh dengan air panas.

Menurut Daily Mail, Pada bulan Februari tahun 2014, para ilmuwan dari Taiwan melaporkan dalam jurnal PLOS One bahwa mengkonsumsi tiga cangkir teh sehari menolong mencegah penyakit jantung dan meningkatkan sirkulasi darah. Minum teh lebih dari 450 ml tiap-tiap hari akan menurunkan resiko arteri yang menjdai kaku, dengan penurunan resiko sebesar 22%.
Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan:

Manfaat mengkonsumsi teh berikut diketahui dari penelitian yang dilakuakan oleh Harvard School of Public Health, Amerika:

-Mengonsumsi tiga cangkir teh hitam atau teh hijau setiap hari bisa menolong mencegah stroke
-Teh tipe tertentu, umpamanya teh herbal rasa buah atau teh dengan vanili dan kayu manis telah terasa manis gula
-Teh menurunkan tekanan darah
-Teh membantu mencegah ovarium dan kanker cara pencernaan
-Teh hijau dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, prostat dan kanker endometrium

Efek Negatif Minum Teh:

Teh memang bermanfaat untuk kesehatan, Tapi teh juga memiliki sebagian efek negatif, Minum teh sejam sebelum atau sesudah makan akan mengurangi kekuatan serap kepada zat besi sebanyak 64%. Pengurangan daya serap zat besi sebanyak 64% sebab mengkonsumsi teh ini lebih tinggi dibanding minum segelas kopi sesudah makan. Minum segelas kopi sesudah makan hanya mengurangi kekuatan serap zat besi sebesar 39%. Komponen hal yang demikian diketaui menurut riset yang dilaksanakan oleh Hati Kesehatan Ibu dan Kecuali Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

Pengurangan energi serap tubuh kepada zat besi itu dikarenakan adanya zat tanin dalam teh. Reviewnya mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, albumin, polifenol, dan vitamin. Tanin berperan mempengaruhi absorpsi zat besi dari makanan secara khusus yang termasuk dalam klasifikasi heme non-iron, seumpama padi-padian, kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

Kesimpulannya, meminum teh pantas hukum akan berkhasiat untuk kesehatan,sedangkan konsumsi teh yang berlebihan dan tidak ideal waktu akan merugikan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *