Perlukah Kenalkan Gadget Pada Anak Usia Dini ? Ini Akibatnya

Di sana sini kita melihat orang selalu berpegang pada benda ini. Dimanapun dan kapanpun, bahkan orang tidur bersebelahan dengan benda ini. Apa itu ? Gadget berupa handphone atau tablet dan sejenisnya. Ketergantungan orang menggunakan benda – benda ini memang sudah cukup parah. Namun demikian, kita tidak bisa pungkiri bahwa manfaat yang bisa kita dapatkan juga ada dari benda – benda ini.

Satu hal yang perlu digaris bawahi bahwa sebagian besar pengguna gadget adalah anak muda dan lebih banyak lagi, anak – anak usia sekolah. Pentingkah gadget untuk mereka saat ini ? Atau perlukah kita ajari mereka menggunakan gadget sedini mungkin ? Jawabnya relative. Namun pengalaman saya justru sedikit kurang menyenangkan.

perlukah kenalkan tablet pada anak

Kalau kita bicara soal manfaat mungkin ada, di sisi lain ada juga keburukannya. Sedikit berbagi pengalaman, anak saya usia 3 tahun kalau dibandingkan dengan anak lain di kampung yang memiliki usia sebaya, bisa dibilang anak saya yang paling sering main gadget, bahkan sudah trampil membuka, memilih dan memainkan beberapa game.

Pertanyaanya  ? Adakah manfaatnya ? Ada, pertama kita bicarakan dulu manfaatnya. Apa manfaatnya ? Perkembangan motoric cukup baik dan cepat. Banyak kosa kata yang dikuasai karena seringnya menonton video review mainan anak dan film – film edukasi. Kedua, kreatifitas yang timbul dan rasa ingin tahu yang tinggi. Melihat video – video tersebut ternyata membuat anak ingin melakukan hal – hal baru yang belum dia lakukan. Berfikir lebih luas dan imaginasinya selangit.

Di sisi lain, ada dampak yang cukup buruk yang meresahkan orang tuanya. Bayangkan anak usia 3 tahun jam tidurnya hampir sama seperti orang dewasa. Anak saya lebih sering tidur larut malam. Pulul 22.00 itu baru mulai dipaksa tidur, terlelap setelah 1 jam atau bahkan terkadang gagal. “Susah Tidur” ini problem yang kita dapatkan akibat dari anak yang sudah gila gadget usia dini.

Sebelum anda mengalami hal yang sama dengan yang saya alami, hendaknya pikirkan sebelum anda memutuskan untuk mengenalkan gadget kepada anak anda di usia dini atau dibawah 5 tahun. Mungkin akan lebih baik anak – anak kita bermain dengan permainan edukasi yang juga meningkatkan motoric dan daya  pikirnya. Ketimbang menggunakan gadget. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *