‘Robocop’ yang ramah membantu polisi di Hungaria

robocop

Robot kecil yang bisa  bicara telah didaftarkan oleh polisi di Hungaria untuk membantu menimbulkan kejutan listrik pada presentasi di sekolah dan klub . “Hai anak-anak!” kata robot “Robi” ke kelas anak sekolah dasar di Szolnok, 100 kilometer (60 mil) timur Budapest.

“Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan internet …” dia melanjutkan dengan suara nyaring. Kira-kira setinggi 40 sentimeter dan 20 inci (16 kali delapan inci), dan beratnya 1,6 kilogram (3,5 pon), tubuh 16 bagian Robi berdiri di atas meja, memberi isyarat saat dia berbicara.

“Ini menarik perhatian lebih jika ada robot yang berbicara,” kata programmer Robi Csaba Erdos, seorang instruktur pendidikan kepolisian, kepada AFP. “Ini cara baru untuk berkomunikasi dan tampil,” katanya. Robi telah beroperasi di wilayah Jasz-Nagykun-Szolnok sejak Mei, dan Erdos, 38, mengatakan bahwa ada rencana untuk memiliki robot serupa yang segera beraksi di seluruh negeri.

Sebagian besar minggu Erdos mengajak Robi bersamanya untuk membantu presentasi kepada anak sekolah dan orang tua tentang tema seperti pencegahan kejahatan, keamanan digital dan keselamatan di jalan raya. Baca juga: Mahasiswa Jakarta membawa medali perak di Olimpiade robot di China

Saat istirahat untuk mengisi ulang – setelah 30 menit berbicara, Robi membutuhkan lebih banyak kekuatan – satu anak laki-laki di sekolah Tiszaparti mengatakan kepada AFP bahwa dia belum pernah melihat robot yang berbicara sebelumnya, terlepas dari kartun “Transformers”. “Suaranya butuh waktu lama untuk membiasakan diri tapi saya menyukainya, dia sangat pintar,” kata bocah Milan Markus berusia 10 tahun. Setelah berbicara, anak-anak tertawa saat mereka semua mencoba untuk meniru gerakan robotnya.

Terkadang Robi juga menyapa wartawan di konferensi pers, di mana dia memberikan saran bagaimana menghindari kejahatan seperti pemutusan hubungan kerja. Dia bahkan bisa menjawab pertanyaan, “selama mereka diprogramkan sebelumnya,” kata Erdos.

Dengan mengendarai logo polisi di dadanya, Robi yang ramah juga dapat membantu menimbulkan kepercayaan pada polisi, kata Erdos. “Robot bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan, membantu dan mendukung orang, daripada mengganti atau mengancam mereka, karena kadang-kadang digambarkan dalam film, katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *